Rabu, 29 Februari 2012

TUGAS AI

APLIKASI KECERDASAN BUATAN
LAPORAN Oleh : KHOIRUL ANWAR NIM : E3210407   KECERDASAN BUATAN DI BIDANG KESEHATAN PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI 1. Perancangan Basis Pengetahuan Dalam perancangan basis pengetahuan ini digunakan kaidah produksi sebagai sarana untuk representasi pengetahuan. Kaidah produksi dituliskan dalam bentuk pernyataan JIKA [premis] MAKA [konklusi]. Pada perancangan basis pengetahuan sistem pakar ini premis adalah gejala-gejala yang terlihat pada anak dan konklusi adalah jenis gangguan perkembangan yang diderita anak, sehingga bentuk pernyataannya adalah JIKA [gejala] MAKA [gangguan]. Bagian premis dalam aturan produksi dapat memiliki lebih dari satu proposisi yaitu berarti pada sistem pakar ini dalam satu kaidah dapat memiliki lebih dari satu gejala. Gejala-gejala tersebut dihubungkan dengan menggunakan operator logika DAN. Bentuk pernyatannya adalah: JIKA [gejala 1] DAN [gejala 2] DAN [gejala 3] MAKA [gangguan] Adapun contoh kaidah Sistem Pakar Menentukan Gangguan Perkembangan pada Anak adalah sebagai berikut: JIKA Anak Sulit Berbicara DAN Tes IQ Dibawah !9 DAN Koordinasi Otot Tidak Sempurna MAKA Gangguan Retardasi Mental Berat Berdasarkan contoh kaidah pengetahuan diatas maka kaidah tersebut dapat disimpan dalam bentuk sebuah tabel sehingga dapat lebih mudah untuk di mengerti. Dimana pada tabel tersebut terdapat kolom jenis gangguan yang menjelaskan tentang definisi,penyebab, dan pengobatan. 2. Perancangan Mesin Inferensi Metode penalaran yang digunakan dalam sistem adalah penalaran pelacakan maju (Forward Chaining) yaitu dimulai dari sekumpulan fakta-fakta tentang suatu gejala yang diberikan oleh pengguna sebagai masukan sistem, untuk kemudian dilakukan pelacakan sampai tujuan akhir berupa diagnosis kemungkinan jenis gangguan perkembangan yang diderita dan penjelasan tentang jenis gangguan yang diderita serta cara pengobatannya. Dalam proses penarikan kesimpulan dapat dilihat pada Gambar 8. 3. Implementasi Perangkat Lunak Sistem Pakar Menentukan Gangguan Perkembangan pada Anak ini, dalam implementasinya dibatasi pada tambah, update dan delete data pasien, pakar, gejala, gangguan, pengetahuan, dan berita. Implementasinya terdiri dari beberapa halaman yang memiliki fungsi sendiri-sendiri. Halaman-halaman tersebut akan Media Informatika, Vol. 6, No. 1, Juni 2008, 1-23 17 tampil secara berurutan sesuai dengan urutan yang telah terprogram, setelah pengguna melakukan proses tertentu. Halaman layanan berisi tentang informasi dari sistem pakar yang dibuat. Pada halaman ini menggambarkan tentang kegunaan dari sistem ini. Tampilan dari halaman layanan dapat dilihat pada Gambar 9.
Gambar 8. Flowchart Sistem Pakar Gangguan perkembangan anak KECERDASAN BUATAN DI BIDANG KEUANGAN DAN PERBANKAN Saat ini telah banyak para pelaku ekonomi, khususnya di kota-kota besar yang tidak lagi menggunakan uang tunai dalam transaksi pembayarannya, tetapi telah memanfaatkan layanan perbankan modern. Layanan perbankan modern yang hanya ada di kota-kota besar ini dapat dimaklumi karena pertumbuhan ekonomi saat ini yang masih terpusat di kota-kota besar saja, yang menyebabkan perputaran uang juga terpusat di kota-kota besar. Sehingga sektor perbankan pun agak lamban dalam ekspansinya ke daerah-daerah. Hal ini sedikit banyak disebabkan oleh kondisi infrastruktur saat ini selain aspek geografis Indonesia Untuk menunjang keberhasilan operasional sebuah lembaga keuangan/perbankan seperti bank, sudah pasti diperlukan sistem informasi yang handal yang dapat diakses dengan mudah oleh nasabahnya, yang pada akhirnya akan bergantung pada teknologi informasi online, sebagai contoh, seorang nasabah dapat menarik uang dimanapun dia berada selama masih ada layanan ATM dari bank tersebut, atau seorang nasabah dapat mengecek saldo dan mentransfer uang tersebut ke rekening yang lain hanya dalam hitungan menit saja, semua transaksi dapat dilakukan.
Teknologi Informasi dan Komunikasi mencakup dua aspek, yaitu Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi. Teknologi Informasi, meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan Teknologi Komunikasi merupakan segala hal yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.   KECERDASAN BUATAN DI BIDANG KOMPUTER DAN PENDIDIKAN Bersifat instruksional  Computer Assisted Instruction (CAI) ; sarana bantu komputer untuk proses belajar.  Computer Assistance Learning (CAL); sarana bantu komputer untuk proses belajar yang bersifat pengertian satu bidang ilmu, tujuan mengembangkan stimulus untuk imajinasi pada anak-anak. Bersifat noninstruksional :  Educational data Processing (EDP) ; inventory, catatan kehadiran, catatan pekerjaan, dan penggunaan non akademik lainnya  Computer Assisted testing (CAT) ; sebagai media tes  Computer Assisted guidance (CAG) ; menyediakan panduan untuk kelulusan siswa  Computer managed instruction (CMI) ; digunakan sebagai pembantu pengajar menjalankan fungsi administratif yang meningkat, seperti rekapitulasi data prestasi siswa, database buku/e-library, kegiatan administratif sekolah seperti pencatatan pembayaran, kuitansi dll.CAI ; aplikasi komputer sebagai bagian integral dalam sistem pembelajaran terhadap proses belajar dan mengajar  bertujuan membantu siswa dalam belajarnya bisa melalui pola interaksi dua arah melalui terminal komputer dan multi arah (jaringan komputer lokal mau pun global), interface multimedia. Jenis-jenis CAI 1. drill dan practice/latihan; guru menyediakan materi utama. CAI dapat sebagai tutor yang menggantikan guru di dalam kelas. System CAI digunakan untuk menguji tingkat pengetahuan dan mempraktekkan keahlian tertentu. 2. Tutorial; system computer digunakan untuk menampilkan materi baru, strategi belajar yang melibatkan prosedur evaluasi, bank soal, dan pooling respon murid. 3. Simulasi; pilihan cara berinteraksi. digunakan untuk menemukan domain masalah. Simulasi berguna dalam mempelajari biologi, trasportasi, perkembangan urban, dan konfigurasi computer. (psikomotor). 4. Games; untuk tujuan akademis, permainan menajamkan keahlian. 5. Diagnosa kognitif; mengajarkan konsep, aturan, prinsip, langkah-langkah, proses, dan kalkulasi yang kompleks. aplikasi ini terbilang baru melibatkan penggunaan computer untuk menetapkan secara otomatis jenis-jenis kesalahan sistematik yang dibuat siswa. KECERDASAN BUATAN DI BIDANG REKAYASA BIOMEDIKA Ada empat grup riset yang aktif melakukan kegitan-kegiatan riset dan pengembangan bidang rekayasa biomedika. Seperti yang ditunjukkan pada diagram di gambar 1,
grup-grup riset tersebut meliputi grup riset elektronika biomedika, instrumentasi medika, rekayasa biomaterial dan grup riset teknologi biomedika. Bidang-bidang riset yang ditekuni oleh para peneliti pada masing-masing grup riset sebagai berikut: - Grup riset elektronika biomedika meliputi bidang-bidang instrumentasi biomedika cerdas, pengolahan citra medika, dan rekayasa rehabilitasi medika. - Grup riset instrumentasi biomedika meliputi bidang-bidang rekayasa sensor dan pemerosesan sinyal dan image iomedika. - Grup riset rekayasa biomaterial membawahi bidang riset pengembangan biomaterial untuk aplikasi medika. - Grup riset teknologi biomedika meliputi bidang-bidang pengukuran dan instrumentasi medika, sistem informasi medika, dan simulasi sistem biomedika. Kegiatan Riset dan Hasil-hasilnya Kegiatan riset yang dilakukan pada masing-masing grup riset berupa proyek penelitian staf pengajar dan pembimbingan penelitian mahasiswa program sarjana maupun program pasca sarjana. Dalam kegiatan riset tersebut telah ditempuh kerjasama dengan pihak rumah sakit maupun dengan perguruan tinggi lain. Adapun hasil-hasil terkini dari penelitian pada keempat grup riset antara lain sebagai berikut: - Design of Fuzzy Controller of the Cycle-to-Cycle Control for FES-induced Hemiplegic Gait (IEICE Trans Inf&Syst Vol. E88-D, No. 7, pp.1763-1766, IEICE Trans Inf&SystVol. E89-D, No. 4, pp. 1525-1533). - Stimulation Schedules for Multi-jointMovements of FES-induced Hemiplegic Gait (Journal of the Society ofBiomechanisms, Vol. 30, No.1, pp.31-35). - Gait database of three different gait patterns for clinical application - Controlling Ultrasonic Scaler Vibration using ANFIS Technology to Minimize Pain Level in Periodontal Treatment (IASTED, BIOMED 2003). - Early Detection on the Condition of Pancreas Organ as the Cause of DM by Iris Image Processing by Kohonen Network (ICBME, 2005). - Pemodelan Objek 3 Dimensi Untuk Medical. - Imaging Pada Mandibula.   KECERDASAN BUATAN DI BIDANG EKONOMI (Laboratorium Minyak Bumi) Jaringan Syaraf Buatan (Artificial Neural Networks), Dalam industri minyak bumi AI ini dapat digunakan untuk membuat pola waktu, misal produksi suatu sumur minyak pada waktu tertentu. untuk menentukan apakah suatu minyak bumi sama atau tidak berdasarkan hasil analisis spektrum minyak bumi menggunakan Spektrofotometer FTIR (Fourier Transform Infra Red) yang saya lakukan di Laboratorium Molekuler LEMIGAS, Jakarta selama bulan Januari – Februari 2006 yang lalu. 


Pengolahan data secara digital menggunakan komputer sudah dilakukan sejak tahun 1960. Dengan adanya revolusi teknologi komputer saat ini sudah mampu melakukan pengambilan keputusan seperti manusia (human-like decisions). Pada dasarnya mesin komputer hanya mengenal bahasa biner untuk mengambil keputusan, seperti “ada (1)” dan “tidak ada (0)”, hidup dan mati, betul dan salah, sama dan beda, dan lain-lain. Ketika dihadapkan pada kondisi yang memerlukan pertimbangan subjektif yang tidak pasti, seperti “agak mirip” atau “sedikit berbeda” mesin sudah tidak dapat melakukan pengambilan keputusan lagi. Untuk itu perlu dilakukan transformasi terlebih dahulu melalui suatu metoda khusus yang disebut kecerdasan buatan (artificial intellegence). Cara kerja kecerdasan buatan pada dasarnya meniru cara kerja syaraf manusia dalam mengambil keputusan dimana didalamnya terdapat beberapa pertimbangan subjektif berdasarkan kriteria, seperti seberapa mirip suatu minyak bumi dengan minyak bumi lainnya atau berapa perbedaan yang diperbolehkan untuk menentukan bahwa suatu minyak bumi sama atau berbeda. Perangkat lunak yang dapat digunakan untuk membuat suatu kecerdasan buatan dapat menggunakan bahasa pemrograman atau lembar kerja (spreadsheet) seperti Lotus, Microsoft Excel, C++, Basic, dBase, Microsoft Access, Microsoft Visual Basic, Delphi dan lain-lain. Pada percobaan yang saya lakukan, metoda yang akan digunakan adalah menggunakan Logika Fuzzy pada Microsoft Visual Basic 6.

0 komentar:

Posting Komentar